Welcome to My Blog!

This is Boxer Template Demo Site
Follow Me

Proses Menyalurkan Energi Listrik



By  Muklis     November 18, 2020    Tags,,,,,,,,, 

 Materi @IPA 

Rangkuman Materi IPA Kelas 6 SD : Proses Menyalurkan Energi Listrik

 

Rangkuman Materi : 

 

Û  Penemu Pembangkit Listrik: Nikola Tesla

Û  Nikola Tesla seorang berkebangsaan Yugoslavia,

Û  Nikola Tesla adalah penemu sistem pembangkit dan transmisi listrik pada tahun 1895.

Û  Sejak kecil Nikola memiliki rasa ingin tahu yang besar tentang berbagai hal. Ia sangat menyukai matematika dan fisika.

Û  Ia pernah bekerjasama dengan Thomas Alva Edison dan merancang 24 jenis dinamo.

Û  Setelah Michael Faraday menemukan energi listrik, Nikola mengembangkan penemuan tersebut dengan membangun pembangkit listrik tenaga air (PLTA) pertama di dunia.

Û  PLTA tersebut memanfaatkan air terjun Niagara di Amerika. Maka sejak saat itu listrik pun menerangi dunia hingga sekarang. 

 

Proses Menyalurkan Energi Listrik

 

Û  Listrik yang dihasilkan oleh pembangkit listrik biasanya disalurkan hingga ke rumah-rumah, gedung perkantoran, dan pabrik.

Û  Besarnya jumlah energi listrik yang dihasilkan berbeda-beda sesuai dengan jumlah kebutuhan.


Perhatikan skema penyaluran energi listrik berikut beserta keterangannya!

 

Perhatikan skema penyaluran energi listrik berikut beserta keterangannya!

 





Keterangan:

 Tahap I : Di Pembangkit Listrik

Di pusat pembangkit listrik, terjadi proses perubahan energi gerak menjadi energi listrik. Turbin dan generator merupakan komponen utama dalam beberapa jenis pembangkit listrik. Contohnya di PLTA. Energi kinetik yang dihasilkan oleh aliran air diubah menjadi energi listrik oleh generator.

 

Tahap 2 : Di Transformator Penaik Tegangan

Setelah energi listrik dihasilkan, energi disalurkan  ke transformator penaik tegangan melalui saluran penghantar. Di sini energi listrik dinaikkan tegangannya hingga 500 kV oleh generator. Hal ini diperlukan agar arus listrik yang mengalir di saluran tidak terlalu tinggi. Dengan demikian perpindahan arus listrik berlangsung secara efektif dan efisien.

 

Tahap 3 : Di Gardu Induk

Melalui SUTET (Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi), listrik dialirkan ke Gardu Induk. Di sini tegangan listrik diturunkan menjadi tegangan menengah 20 kV oleh transformator penurun tegangan. Manfaat SUTET adalah untuk menyalurkan energi listri dari pusat-pusat pembangkit listrik yang jaraknya jauh menuju ke pusat-pusat distribusi sehingga energi listrik dapat disalurkan dengan efisien.

 

Tahap 4 : Di Gardu Distribusi (Penurun Tegangan)

Gardu distribusi terdiri dari tiang-tiang listrik yang akan mengalirkan listrik ke rumah-rumah penduduk melalui kabel listrik. Di sini, energi listrik kembali diturunkan lagi tegangannya menjadi tegangan rendah 220 Volt. Tegangan listrik sebesar ini sudah sesuai dengan kebutuhan di rumah. Setelah itu, energi listrik dialirkan ke rumah-rumah dan industri melalui jaringan distribusi.

 

Tahap 5 : Di Rumah

Nah, energi listrik sudah sampai di rumahmu. Kamu dapat memanfaatkannya untuk menonton TV, mendinginkan lemari es, menyeterika, penerang ruangan, dan lain-lain. Perjalanan yang panjang, dan tentunya membutuhkan biaya yang juga besar. Itulah mengapa, kalian harus bijak dan hemat dalam pemakaian listrik.

 

Demikian Semoga Bermanfaat Untuk Adik-adik..!!

 

 

Baca Juga :

 

 

About Muklis

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Maecenas euismod diam at commodo sagittis. Nam id molestie velit. Nunc id nisl tristique, dapibus tellus quis, dictum metus. Pellentesque id imperdiet est.

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas saran dan komentar nya. 🙏


Contact Form

Name

Email *

Message *

Translate

Random Posts

logo

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Proin tempus pellentesque consectetur.

Morbi tincidunt commodo dui, eu fringilla dui iaculis ac. Vestibulum viverra iaculis dignissim. Ut condimentum